RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
1. Struktur Data
struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.
2. Tree Data
tree adalah tipe data abstrak yang banyak digunakan yang mewakili struktur pohon hierarki dengan sekumpulan node yang terhubung. Setiap simpul dalam pohon dapat dihubungkan ke banyak anak (tergantung pada jenis pohonnya), namun harus terhubung tepat ke satu induk,[1] kecuali simpul akar, yang tidak mempunyai induk (yaitu, simpul akar sebagai simpul paling atas dalam hierarki pohon). Batasan ini berarti tidak ada siklus atau "loop" (tidak ada node yang dapat menjadi leluhurnya sendiri), dan juga bahwa setiap anak dapat diperlakukan seperti node akar dari subpohonnya sendiri, menjadikan rekursi sebagai teknik yang berguna untuk penjelajahan pohon. Berbeda dengan struktur data linier, banyak pohon tidak dapat diwakili oleh hubungan antara node yang bertetangga (simpul induk dan anak dari suatu node yang dipertimbangkan, jika ada) dalam satu garis lurus (disebut tepi atau penghubung antara dua node yang berdekatan).
Pohon biner adalah jenis yang umum digunakan, yang membatasi jumlah anak untuk setiap orang tua menjadi paling banyak dua. Ketika urutan anak-anak ditentukan, struktur data ini sesuai dengan pohon terurut dalam teori grafik. Sebuah nilai atau penunjuk ke data lain mungkin diasosiasikan dengan setiap node di pohon, atau terkadang hanya dengan node daun, yang tidak memiliki node turunan.
Tipe data abstrak (ADT) dapat direpresentasikan dalam beberapa cara, termasuk daftar orang tua dengan pointer ke anak, daftar anak dengan pointer ke orang tua, atau daftar node dan daftar terpisah dari hubungan orangtua-anak ( jenis daftar kedekatan tertentu). Representasinya mungkin juga lebih rumit, misalnya menggunakan indeks atau daftar leluhur untuk performa.
Pohon yang digunakan dalam komputasi serupa tetapi dapat berbeda dengan konstruksi matematika pohon dalam teori graf, pohon dalam teori himpunan, dan pohon dalam teori himpunan deskriptif.
3. Graph Data
Graf merupakan struktur data nonlinier yang terdiri dari simpul dan sisi. Simpul terkadang juga disebut sebagai simpul dan sisinya adalah garis atau busur yang menghubungkan dua simpul mana pun dalam grafik. Secara lebih formal, Graf terdiri dari himpunan simpul (V) dan himpunan sisi (E). Grafik tersebut dilambangkan dengan G(V, E).
Struktur data grafik adalah alat yang ampuh untuk merepresentasikan dan menganalisis hubungan kompleks antara objek atau entitas. Mereka sangat berguna dalam bidang-bidang seperti analisis jaringan sosial, sistem rekomendasi, dan jaringan komputer. Di bidang ilmu data olahraga, struktur data grafik dapat digunakan untuk menganalisis dan memahami dinamika kinerja tim dan interaksi pemain di lapangan.
4. Algoritma
Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis program dinamakan bahasa pemrograman. Orang yang membuat program komputer disebut pemrogram, dan kegiatan merancang dan menulis program disebut pemrograman, serta ada aktivitas menulis kode program dinamakan coding. Pada pemrograman ditekankan pada pemecahan masalah, rancangan pemecahan masalah
berisi urutan langkah-langkah pencapaian solusi ditulis dalam notasi diskriptif (notasi algoritmik) Berikut definisi dari Algoritma:
1. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.
3. Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian dapat menemukan kegiatan yang perlu dilakukan beru berulang kali. Misalnya, ketika makan, kalian berulang kali menyuap makanan tersebut ke dalam mulut; ketika berjalan, kalian berulang kali melangkahkan kaki; dalam satu minggu, tentu ada kegiatan yang kalian lakukan berulang kali, yaitu sekolah mengerjakan tugas - belajar. Masih banyak contoh lainnya yang dapat kalian amati dan dapati bahwa kalian sedang melakukan perulangan.
5. Algoritma Menurut Para Ahli
Donald Ervin Knuth menyebutkan algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.
6. Expresi Logika
Ekspresi logika adalah suatu proposisi majemuk yang diubah menjadi simbol-simbol untuk menggambarkan makna kalimat proposisi. Ekspresi logika dibuat dengan mengubah penghubung kalimat dan subjek, predikat, objek menjadi variabel dan simbol perangkai logika. Perangkai logika seperti konjungsi, disjungsi, implikasi digunakan untuk menghubungkan variabel. Contoh ekspresi logika diberikan untuk mengilustrasikan pro
7. Operasi Logika
Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika. Sebagai contoh, dalam sintaks logika proposisional, operasi biner
Diagram Hasse dari operator-operator logika
Operator logika pada umumnya meliputi negasi, disjungsi, konjungsi, implikasi dan kesetaraan . Dalam sistem logika klasik yang standar, operator-operator tersebut dipandang sebagai fungsi kebenaran, yakni fungsi yang menerima suatu nilai kebenaran (benar atau salah) dan menghasilkan nilai kebenaran yang baru. Sedangkan dalam logika non-klasik ada beberapa interpretasi berbeda terkait definisi dari operator-operator tersebut. Interpretasi klasik dari setiap operator tersebut mirip dengan ungkapan "tidak", "atau", "dan", dan "jika" dalam bahasa alami seperti Bahasa Indonesia, walau tidak identik.
8. Flowchart
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
Simbol-simbol dalam flowchart memiliki makna dan fungsi tertentu yang membantu dalam pemahaman alur kerja. Beberapa simbol dasar flowchart meliputi:
1.Simbol Awal (Start/End):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.
2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.
3. Simbol Keputusan (Decision):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk diamond.
4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.
5. Simbol Penghubung (Connector):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
9. Flowchart Dokumen
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
10. Flowchart Data
Diagram aliran data menunjukkan cara informasi mengalir melalui suatu proses atau sistem. Ini mencakup input dan output data, penyimpanan data, dan berbagai subproses yang dilalui data.
11. Flowchart Sistem
Flowchart sistem adalah diagram yang menggambarkan seluruh alur atau flow yang terjadi pada sebuah sistem. Flowchart sistem ini bisa menguraikan secara detail urutan setiap prosedur yang ada pada sistem. Jenis terakhir ada flowchart skematik. Flowchart yang satu ini hampir sama dengan flowchart sistem.
12. Flowchart Program
Flowchart program merupakan langkah-langkah (instruksi-instruksi) program yang menceritakan kejadian suatu proses satu dengan proses lainya dalam suatu program secara mendetail yang di wakilkan dalam bentuk simbol atau bagan.
13. Simbol² Flowchart
1.Simbol Awal (Start/End):
Simbol ini menandakan awal dan akhir dari suatu proses atau algoritma. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan tepi melengkung.
2. Simbol Proses:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah atau tindakan yang harus dilakukan dalam proses. Umumnya direpresentasikan dengan bentuk persegi panjang.
3. Simbol Keputusan (Decision):
Simbol ini menunjukkan titik keputusan dalam alur kerja yang memerlukan pilihan ya atau tidak. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk diamond.
4. Simbol Input/Output:
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan input atau output data dalam proses. Biasanya direpresentasikan dengan bentuk paralelogram.
5. Simbol Penghubung (Connector):
Simbol ini digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terpisah. Biasanya direpresentasikan dengan garis lurus atau panah.
Komentar
Posting Komentar